BERIKAN YANG TERBAIK

TEMA : BERIKAN YANG TERBAIK
AYAT RENUNGAN : MARKUS 12:30-32 ; KELUARAN 20:3-5a


Tuhan ingin kita agar kita mengasihi Tuhan dengan segenap hati, segenap jiwa, segenap akal budi dan dengan segenap kekuatan kita. Mengasihi Tuhan dengan segenap hati berbicara tentang kerinduan Tuhan bahwa tidak ada hal-hal lain yang kita cintai yang melebihi cinta kita kepada Tuhan. Dia tidak menginginkan ada hal-hal lain yang lebih kita cintai melebihi Dia karena Dia adalah Allah yang cemburu (Ulangan 32:16-21)

Sebagai manusia, kita memiliki jiwa yaitu perasaan dan emosi. Tuhan memberikan perasaan, ekspresi daan emosi agar kita bisa mengasihi dan menyembah Dia secara ekspresif (tepat/mampu mengungkapkan), misalnya dengan mengangkat tangan, meneteskan air mata atau ekspresi sukacita.

Mengasihi Tuhan dengan segenap akal budi berbicara tentang fokus kita ketika kita menyembah Tuhan. Apakah ketika kita menyembah Tuhan pikiran kita juga menyembah Tuhan? Atau kita memikirkan hal-hal yang lain?

Mengasihi Tuhan dengan segenap kekuatan berbicara tentang intensitas kesungguhan kita dalam mencari dan mengejar Tuhan. Kasih Tuhan kepada kita melebihi apapun yang ada di dunia ini, Dia rela mencucurkan darah-Nya di kayu salib, rela menyerahkan nyawanya sebagai bukti bahwa Dia mengasihi kita. Tuhan tidak pernah menuntut kita melakukan hal yang sama dengan apa yang telah dilakukan Tuhan kepada kita. kerinduan Tuhan hanya kita mengesampingkan “sedikit” kesenangan kita untuk mencari Dia, menyembah Dia dan mengasihi Dia dengan kasih yang “tidak kepalang tanggung”.

Pertanyaan perenungan:
1.       Sikap hati seperti apakah yang Tuhan inginkan dalam hidup kita untuk mengasihi Dia? (Markus 12: 30)

2.       Apa yang Tuhan inginkan untuk kita lakukan sebagai bukti kita mengasihi Dia? (Keluaran 20:3-5a)


3.       Buatlah komitmen yang baru untuk mengasihi Tuhan dengan sungguh-sungguh dan mengutamakan Dia dalam kehidupan saudara.

Komentar

Postingan Populer