MENDEMONSTRASIKAN KERAJAAN ALLAH


MENDEMONSTRASIKAN KERAJAAN ALLAH MELALUI
PENELADANAN AKAN KRISTUS
Yohanes 14:8-14

Sebelum Neil Amstrong dengan Apollo 11 menginjakkan kakinya di bulan, tidak pernah ada manusia yang benar-benar yakin dapat pergi ke bulan. Sebelum Neil Amstrong membuktikannya, tidak banyak orang yang percaya bahwa hal itu adalah mungkin. Demikian pula hal kerajaan Allah. Sebelum Kristus datang ke  dunia, tidak ada orang yang dapat membayangkan bagaimana hidup di dalam Kerajaan Allah. Kristus adalah contoh yang sempurna tentang bagaimana manusia dapat hidup di dalam pemerintahan Allah. Kristus adalah demonstrasi gaya hidup Kerajaan Allah untuk semua manusia. Kristus adalah inkarnasi (penjelmaan) Kerajaan Allah ke dalam daging. Tanpa menjadi daging, Kerajaan Allah mustahil dipraktekkan oleh manusia. Kita dapat melihat kerajaan Allah dioperasikan dalam kehidupan seorang pribadi (Yohanes 14:10, 12)

Kristus mendemonstrasikan secara sempurna sebuah gaya hidup Kerajaan Allah. Kristus tidak sedikitpun hidup dalam Kerajaan “diri-Nya” sendiri.  Ia menyerahkan diri secara total kepada Bapa di Sorga. Ia hidup dalam pemerintahan Bapa-Nya. Ia taat sepenuhnya kepada Bapa-Nya. Kristus tidak pernah melakukan segala sesuatu dari diri-Nya sendiri. Kristus menjadi contoh bagaimana Ia mempunyai hubungan yang sangat dekat dengan Bapa. Ia mendemonstrasikan tiga langkah hidup dalam Kerajaan Allah: Pertama; Mengikuti BAPA, kedua; Melakukan pekerjaan BAPA, ketiga; Menyatakan (Menjadi) gambar BAPA.
Pertanyaannya adalah apakah kita dapat melakukan ketiga langkah tersebut?
Tuhan Yesus berkata bahwa pekerjaan-pekerjaan yang Ia lakukan, yaitu pekerjaan-pekerjaan Bapa, juga dapat kita lakukan (Yohanes 14:12). Luar biasa!
Mengapa kita dapat melakukan pekerjaan-pekerjaan yang sama? Sebab, Tuhan Yesus bukan hanya teladan tetapi juga telah membuka jalan dan memberikan benih Ilahi bagi kita, yaitu melalui penebusan-Nya di kayu salib sehingga kita sekarang dimampukan melakukan apa yang Ia lakukan.
Hal apa saja yang dapat kita lakukan seperti Yesus melakukannya?

1.     Kita Dapat Memiliki Hubungan Intim Dengan Bapa Sebagaimana Kristus Memiliki Hubungan Intim Dengan Bapa.
“Akulah gembala yang baik dan Aku mengenal domba-domba-Ku dan domba-domba-Ku mengenal Aku sama seperti Bapa mengenal Aku dan Aku mengenal Bapa, dan Aku memberikan nyawa-Ku bagi domba-domba-Ku.” (Yohanes 10:14-15)  
Perhatikan kata sama seperti. Kristus (gembala) mengenal domba-domba-Nya (kita) sama seperti Bapa mengenal Kristus dan Kristus mengenal Bapa. Kata mengenal di dalam bahasa Yunani berarti INTIM.
Jadi Kita dapat berhubungan dengan Bapa seperti Kristus berhubungan dengan Bapa. Memang satu-satunya perbedaan  adalah bahwa kita bukan Allah, sedangkan Kristus adalah manusia dan sekaligus Allah. Namun kita dapat memiliki hubungan dengan Bapa seperti kemanusiaan Kristus yang begitu intim dengan Bapa. Kita dapat berjalan, bersekutu, berdialog, bergaul dekat dengan Bapa seperti yang dilakukan Kristus 2012 tahun yang lalu. Jadi Kristus adalah contoh bagaimana kita berjalan bersama-sama dengan Bapa setiap hari.
   
2.     Kita Dapat Saling Mengasihi Sesama Seperti Bapa Dan Kristus Saling Mengasihi.
Seperti Bapa telah mengasihi Aku, demikian juga Aku telah mengasihi kamu; tinggallah di dalam kasih-Ku itu.” (Yohanes 15:9)

“Aku di dalam mereka dan Engkau di dalam Aku supaya mereka sempurna menjadi satu, agar dunia tahu, bahwa Engkau yang telah mengutus Aku dan bahwa Engkau mengasihi mereka, sama seperti Engkau mengasihi Aku.” (Yohanes 17:23)

Kita dapat mengasihi orang lain seperti Bapa mengasihi Kristus. Kasih Bapa adalah kasih agape yang sempurna. Kasih tanpa syarat. Kristus adalah model/teladan untuk kita dapat mengasihi  yang lain bahkan yang sangat sulit kita kasihi sekalipun.

3.     Kita Dapat Melakukan Pekerjaan Bapa Seperti Kristus Melakukan Pekerjaan Bapa
Sama seperti Engkau telah mengutus Aku ke dalam dunia, demikian pula Aku telah mengutus mereka ke dalam dunia,” (Yohanes 17;18)

“Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barang siapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu. Sebab Aku pergi kepada Bapa,” (Yohanes 14:12)

Kristus adalah model yang diberikan kepada kita agar kita dapat menyatakan KUASA KERAJAAN ALLAH. Kristus menyatakan kuasa Kerajaan Allah melalui: Pemberitaan Injil, Kesembuhan Batin (hati), Mujizat dan kesembuhan, Pelepasan dan pemuridan. (Lukas 4:18-19). Oleh kasih karunia Allah kita pun dapat melakukan itu. SAYA DAPAT MELAKUKANNYA (I CAN DO IT)
By. Pdm. Sondang Simamora

Komentar

  1. Shalom bapak, ibu dan saudara/i yang dikasihi oleh Tuhan. Apakah ada diantara bapak, ibu maupun saudara/i yang pernah mendengar tentang Shema Yisrael dan V'ahavta? Kalimat pernyataan keesaan YHWH ( Adonai/ Hashem ) dan perintah untuk mengasihiNya yang dapat kita temukan dalam Ulangan/ דברים/ Devarim 6 : 4 - 6 yang juga pernah dikutip oleh Yeshua/ ישוע/ Yesus di dalam Injil khususnya dalam Markus 12 : 29 - 31, sementara perintah untuk mengasihi sesama manusia dapat kita temukan dalam Imamat/ ויקרא/ Vayikra 19 : 18. Mari kita pelajari cara membacanya satu-persatu seperti yang akan dijabarkan di bawah ini :

    Ulangan/ דברים/ Devarim 6 : 4 - 6, " שְׁמַ֖ע יִשְׂרָאֵ֑ל יְהֹוָ֥ה אֱלֹהֵ֖ינוּ יְהֹוָ֥ה ׀ אֶחָֽד׃. וְאָ֣הַבְתָּ֔ אֵ֖ת יְהֹוָ֣ה אֱלֹהֶ֑יךָ בְּכׇל־לְבָבְךָ֥ וּבְכׇל־נַפְשְׁךָ֖ וּבְכׇל־מְאֹדֶֽךָ׃. "

    Cara membacanya dengan mengikuti aturan tata bahasa Ibrani yang berlaku, " Shema Yisrael! YHWH [ Adonai ] Eloheinu, YHWH [ Adonai ] ekhad. V'ahavta e YHWH [ Adonai ] Eloheikha bekol levavkha uvkol nafshekha uvkol me'odekha

    Imamat/ ויקרא/ Vayikra 19 : 18, " וְאָֽהַבְתָּ֥ לְרֵעֲךָ֖ כָּמ֑וֹךָ. "

    Cara membacanya dengan mengikuti aturan tata bahasa Ibrani yang berlaku, " V'ahavta l'reakha kamokha "

    Untuk artinya dapat dilihat pada Alkitab LAI.

    Terkadang pula ada sisipan kalimat Barukh seperti ini setelah diucapkannya Shema

    " . בָּרוּךְ שֵׁם כְּבוֹד מַלְכוּתוֹ לְעוֹלָם וָעֶד. "
    ( Barukh Shem kevod malkuto, le'olam va'ed, artinya Diberkatilah Nama yang mulia, KerajaanNya untuk selamanya )

    Semoga bermanfaat.
    🕎✡️🐟🤚🏻👁️📜🕯️🤴🏻👑🗝️🛡️🗡️🏹⚖️⚓🕍✝️🗺️🌫️☀️🌒⚡🌈🌌🔥💧🌊🌬️❄️🌱🌾🍇🍎🍏🌹🍷🥛🍯🐏🐑🐐🐂🐎🦌🐪🐫🦁🦅🕊️🐍₪🇮🇱

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer